WORSKHOP RENCANA BISNIS MAHASISWA INDONESIA (KBMI) KEMENTERIAN RISTEKDIKTI

Latar Belakang Kegiatan

Saat ini kewirausahaan sudah menjadi salah satu program nasional yang penting. Hal ini selaras dengan visi dan misi pemerintah untuk menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian nasional melalui peningkatan jumlah wirausaha. Berbagai departemen, instansi pemerintah, swasta hingga lembaga swadaya masyarakat telah meluncurkan berbagai program kewirausahaan. Ditjen Belmawa Kemenristekdikti meluncurkan sebuah program yaitu Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang merupakan muara kegiatan pembinaan kewirausahaan sebagai wadah mengapresiasi mahasiswa yang ingin mengembangkan usaha.

Pada hakekatnya potensi dan bakat wirausaha ada pada setiap manusia, namun tidak banyak yang mampu menggali dan memanfatkan bakat tersebut untuk meraih sukses. Workshop Rencana Bisnis ini bertujuan untuk membentuk karakter dan semangat berwirausaha, agar mampu memanfaatkan peluang yang ada dalam menciptakan usaha sendiri saat kuliah maupun setelah lulus kuliah. Sehingga pada akhirnya lulusan perguruan tinggi tidak hanya menjadi pencari kerja tetapi bisa menjadi pencipta lapangan kerja, oleh karena itu dirasa perlu untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa melalui Workshop Rencana Bisnis.

Waktu Kegiatan

Tanggal                        : 24 April 2019

Hari                              : Rabu

Tempat                        : Auditorium Gedung Tower Lt.7

Universitas Mercu Buana

Jalan Meruya Selatan No. 1 Kembangan

 

Tema Kegiatan

“Workshop Rencana Bisnis Mahasiswa Indonesia”

 

Tujuan Kegiatan

Workshop Rencana Bisnis ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun proposal rencana bisnis yang sedang dilakukan. Rencana bisnis yang disusun nantinya dapat menjadi usulan untuk mendapatkan sumber pendanaan.

 

Panitia Pelaksana Kegiatan

Ketua Pelaksana                : Dirjen Pembelajaran & Kemahasiswaan Kementerian Ristekdikti

Pembicara                          : Drs. Ismet Yus Putra, MM

Dr. Tipri Rose Kartika (Tim KBMI)

Nurhadi (Tim KBMI)

Peserta Kegiatan

  • 500 Mahasiswa/i Universitas di wilayah Kopertis III

 

Rangkaian Kegiatan

Registrasi untuk tamu mahasiswa/i peserta workshop rencana bisnis kemenristek dikti di Auditorium Tower Lt. 7

Prosesi menyanyikan lagu Indonesia Raya, Dr. Hadri Mulya, M.Si dengan didampingi oleh narasumber dari Tim KBMI, Dr. Wachyu Hari Haji selaku Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan seluruh peserta.

 

Sambutan dari Wakil Rektor Universitas Mercu Buana Dr. Hadri Mulya, M.Si

Sosialisasi Program KBMI Ditjen Belmawa oleh Dr. Tipri Rose Kartika  

 

Sesi tanya jawab oleh salah satu peserta kepada pemateri Dr. Tipri Rose Kartika

 

Sosialisasi Design Thingking dengan Business Craft Board Game oleh coach Nurhadi selaku praktisi kewirausahaan


Beberapa mahasiswa/i terpilih untuk mengikuti workshop lanjutan Design Thingking dengan Business Craft Board Game yang dipandu oleh coach Nurhadi

0 Comments

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>